Selasa, 25 Mei 2010

tugas OBSERVASI SOSIO

Tugas laporan OBSERVASI SOSIOLOGI













Kelas X5
SMA NEGERI 01 PEKALONGAN











Nama : Buya sasongko p
No : 07
Kelas : X5



A.Tujuan Penelitian
Mengetahui cara-cara pengendalian social masyarakat.


B. Sumber data
Lingkungan sekitar tempat tinggal.


C. Langkah-langkah
1. Lakukan Observasi di lingkungan sekitar tempat tinggal
2. Identifikasikan perilaku menyimpang yang terjadi di kampung
anda
3. Identifikasikan juga cara-cara pengendalian sosial yang di praktekan
4. Identifikasikan siapa saja yang berperan dalam pengendalian social
Tersebut


D. Analisis
1. Menurut pengamatan anda cara pengendalian manakah yang paling
Berhasil
2. Mengapa cara tersebut dapat berhasil
3. Sebab apa cara pengendalian lain kurang berhasil
4. Adakah manfaat yang diambil bila pengendalian social tersebut
Berhasil
5. Adakah kerugiannya

E. Simpulan

1. Dalam lingkungan tempat tinggal saya penyimpangan yang terjadi
adalah perkumpulan genk. Seperti contoh genk anak bola dll.
2. Pengendalian social yang di praktekkan lebih cenderung ke atau
melalui sosialisasi. Hal ini biasanya dibicarakan baik-baik oleh
pak RT dan RW serta si pelaku penyimpangan.
3. Seperti yang disebutkan di atas Pak RT dan RW.
4. Cara pengendalian yang paling berhasil adalah sosialisasi
5. Pengendalian tersebut berhasil karena dapat memberi pelajaran bagi pelaku agar tak mengulanginya lagi.
6. Karena warga sekitar mungkin agak bias di nasehati dari pada yang lain
7. manfaat yang di ambil adalah pelaku penyimpangan bias lebih tahu mana yang benar dan tercela. Dan pelaku cenderung tidak melakukan atau mengulangi hal menyimpang tsb.
8. Kerugiannya adalah ada sebagian orang yang memang susah atau keras kepala untuk di nasehati.







SARAN


saran saya bagi warga lain agar lebih bias bijaksana menangani sesuatu dan lebih baik di sosialisasikan saja dari pada hal tersebut berujung tidak bagus. Lagi pula dengan system sosialisasi pelaku bias lebih berhati-hati untuk mengulanginya lagi ( tidak mengulanginya lagi )

0 komentar: